Bentuk Akar dan Akar Pangkat n

Bentuk Akar dan Akar Pangkat n - merupakan bentuk lain dari perpangkatan. Partner Studi Matematika akan membagikan dan Akar Pangkat n mengenai konsep dan penerapan bentuk akar dalam permasalahan.


Bentuk Akar dan Akar Pangkat n


Perhatikan bentuk-bentuk berikut ini

Namun perhatikan pula bentuk-bentuk berikut

 Jika kita amati tidak ada bilangan b, bilangan rasional yang memenuhi nilai akar-akar bilangan di atas. Bentuk-bentuk tersebut disebut dengan bentuk akar. Bentuk akar merupakan bilangan irrasional.



Akar Pangkat n


Pada persoalan mencari rusuk suatu kubus bila volume diketahui, maka kita akan berhadapan dengan bentuk akar yang lain, yaitu akar pangkat tiga.  Misalkan diketahui volume suatu kubus adalah 64 cm3, berapakah panjang rusuk kubus tersebut?
Misal panjang rusuk tersebut adalah p, maka volume kubus adalah
 V = p × p × p
= p3
Dengan demikian diperoleh p3 = 64. Bagaimanakah kita memperoleh p? Ingat bahwa
64 = 43, dengan demikian  p = 4.
Penerapan Bentuk Akar dalam masalah nyata
Perhatikan beberapa masalah berikut ini.
     1.      Jika diketahui sebuah lapangan berbentuk persegi yang mempunyai luas 121 m2, berapakah ukuran sisi lapangan tersebut?
     2.      Misalkan diketahui volume suatu kubus adalah 125 cm3, berapakah panjang rusuk kubus tersebut?
     3.      Sebuah kerangka atap rumah berbentuk segitiga sama kaki, jika panjang alasnya 6 m, dan tingginya 4 m, berapa panjang sisi kerangka atap rumah yang lain?
Ketiga masalah di atas merupakan masalah sederhana yang diselesaikan dengan menggunakan akar kuadrat.
Pada soal nomor 1, seperti yang sudah kita ketahui bahwa luas sebuah bidang yang berbentuk persegi adalah panjang sisi × panjang sisi. Jika panjang sisi lapangan disimbolkan dengan s, luas lapangan tersebut adalah s2 = 121 m2. Sehingga 

Demikian juga untuk masalah berikutnya, semuanya melibatkan penyelesaian dengan akar kuadrat. Lanjutkan masalah nomor 2 dan nomor 3 sebagai latihan.


Terimakasih telah belajar Bentuk Akar dan Akar Pangkat n bersama kami. Sekian yang dapat kami sampaikan. Asahlah kemampuanmu dengan melakukan latihan memecahkan masalah sebanyak mungkin. Kemudian selamat anda mencapai prestasi yang gemilang. Salam Matematika !!


0 Response to "Bentuk Akar dan Akar Pangkat n"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel