-->

Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan)

Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan)-pada segitiga siku-siku berlaku perbandingan-perbandingan antar ketiga sisinya. Perbandingan-perbandingan antar sisi segitiga siku-siku tersebut dinamakan perbandingan trigonometri. Mari belajar lebih lanjut bersama Partner Studi Matematika.


Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan)


Misal pada kasus sebuah tangga yang disandarkan pada sebuah tembok, panjang tangga diwakili oleh KM, tinggi tembok diwakili oleh KL dan jarak pangkal tangga dengan tembok adalah LM, maka digambarkan dalam segitiga siku-siku KLM, siku-siku di L sebagai berikut.


Tangga tersebut membentuk sudut terhadap lantai pada titik M, selanjutnya dinamakan dengan sudut M atau M. M adalah sudut lancip karena M  900. Tinggi tembok (KL) adalah sisi di depan sudut M, panjang tangga (KM) adalah , dan LM adalah sisi di dekat sudut M.
Berdasarkan kesamaaan perbandingan pada sisi-sisi beberapa segitiga siku-siku yang sebangun, diperoleh hubungan sudut lancip dengan perbandingan sisi-sisi pada segitiga siku-siku sebagai berikut.





     Sebagai penguatan pemahaman, coba anda rumuskan keenam jenis perbandingan sudut untuk sudut K !


Dari kedua contoh di atas, dapat dipelajari berbagai kombinasi persoalan mengenai nilai perbandingan trigonometri pada suatu segitiga siku-siku.


Sekian Pembahasan mengenai Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan). Soal-soal mengenai bahasan ini akan kami paparkan di postingan Contoh Soal Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan). Salam Matematika !!

1 Response to "Perbandingan Trigonometri (sin, cos, tan)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel