Review Konten Rumah Belajar: Bank Soal dan Laboratorium Maya

Saya Tulus Depianto dari SD Negeri 1 Wringin Anom Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Jawa Timur akan melakukan review 2 konten rumah belajar. Rumah Belajar merupakan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah melalui Pustekkom milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bisa digunakan sebagai fasilitas penunjang dalam pembelajaran kita baik di kelas maupun di luar kelas. Pada review kali ini saya menggunakan fasilitas speechtexter.com yang merupakan fasilitas untuk mengubah suara menjadi sebuah teks sehingga teks dalam review ini merupakan hasil dari rekaman suara yang mana rekaman tutorialnya nanti akan saya unggah ke channel YouTube dan saya lampirkan pada akhir review ini. 
Untuk mengakses rumah belajar kita bisa melalui alamat rumahbelajar.id kemudian kita masuk ke menu rumah belajar, kita akan dibawa ke alamat rumah.belajar.kemdikbud.go.id.

Di halaman ini tersedia beberapa fitur yang bisa kita gunakan sebagai penunjang pembelajaran kita tentunya berupa konten rumah belajar. Yang pertama sumber belajar, kelas digital, bank soal, laboratorium Maya, buku sekolah elektronik, modul digital, peta budaya, Wahana jelajah angkasa, serta pengembangan profesi berkelanjutan. Disediakan juga beberapa fitur pendukung seperti karya komunitas, karya guru, dan karya bahasa dan sastra. 
Review yang pertama saya akan memilih bank soal, saya pilih bank soal. Bank soal ini merupakan fasilitas berbagai macam soal latihan, soal ulangan, soal ujian, maupun evaluasi yang lain mulai dari jenjang sekolah dasar, jenjang sekolah menengah pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun sekolah menengah kejuruan (SMK). 

Saya pilih jenjang Sekolah Menengah Atas untuk kelas 11, saya pilih pelajaran matematika. Di sini tersedia beberapa macam soal sesuai kebutuhan kita. Soal-soal ini telah dibuat oleh beberapa orang guru yang telah dibuat sebelumnya sehingga kita tinggal memanfaatkan saja. Kita bisa memanfaatkan untuk pembelajaran kita. 
Saya akan memilih soal yang saya susun sendiri waktu itu pada tahun 2017, saya beri judul Remidial semester 1 tahun pelajaran 2016-2017. Kita buka ada 25 soal yang tersedia bisa dikerjakan Mulai dari yang nomor 1 sampai nomor terakhir. Bentuk soalnya berupa pilihan jadi kita tinggal memilih salah satu jawaban yang benar. 

Misalkan saya coba untuk nomor satu saya acak saja tanpa saya kerjakan, kalau sudah kita bisa mengklik next akan ke soal nomor 2, kemudian kita pilih salah satu jawaban yang menurut kita benar. Ini saya acak jawabannya. Bisa next ataupun kita bisa memilih nomor secara acak di sebelah kanan tersedia di lingkaran nomor-nomor, jadi tidak harus secara urut misalkan habis dari nomor 2 tadi kita langsung ke nomor 6 juga bisa. Kita pilih salah satu jawaban yang benar, kita pilih nomor lagi dan seterusnya. 

Apabila sampai nomor terakhir maka akan tersedia fasilitas hitung. Fasilitas hitung ini merupakan fasilitas untuk mereview soal-soal yang telah kita kerjakan sebelumnya. Seperti inilah tampilannya ada soal, kunci jawaban, dan juga ada jawaban yang kita masukkan tadi, kemudian ada status jawaban: benar atau salah. 

Ternyata nomor satu benar, kalau jawaban salah dikatakan False. Begitu seterusnya untuk soal-soal berikutnya. Jadi kita bisa melihat apakah jawaban yang kita berikan salah apa benar dan kita juga bisa melihat bagaimana jawaban yang benar. Disini nilai paling tinggi adalah 100, saya hanya dapat 12 berarti kira-kira hanya 3 soal yang benar. Begitu Bapak Ibu jadi ini yang bisa dikerjakan oleh anak-anak sebagai bahan latihan ataupun sebagai bahan evaluasi kita terhadap penguasaan materi para peserta didik kita. 

Namun menurut saya disini ada ada hal yang perlu diperbaiki yaitu anak-anak bisa langsung melihat jawaban yang benar dan mereka bisa membagikan kepada temannya yang lain. Jadi kalau soal ini kita jadikan sebagai alat evaluasi menurut saya kurang cocok karena mengerjakannya tidak harus dalam waktu yang bersamaan, kemudian nanti anak-anak bisa membocorkan jawaban yang benar kepada teman-temannya yang belum melakukan evaluasi. Ini mungkin yang menjadi kekurangannya jadi alangkah baiknya jika jawaban Ini sementara waktu disembunyikan dahulu kemudian pada saat tertentu bisa ditampilkan saat semua peserta sudah mengerjakan soalnya. Selain Kita bisa memanfaatkan soal yang ada, kita sebagai guru juga bisa membuat soal secara mandiri. Misalkan kita ingin membuat soal evaluasi berarti kita klik evaluasi, kemudian pilih buat baru. Kita diminta untuk mengisikan jenjang, bidang minatnya apa, kalau di SMA ada IPA/IPS, Kelas berapa, mata pelajaran dan seterusnya. Kemudian kita bisa membuat soal disini, kita upload, kemudian anak-anak bisa mengerjakan soal sesuai dengan keinginan kita. Demikian review mengenai bank soal. 
Untuk review kedua Saya memilih konten laboratorium Maya. Kita pilih laboratorium Maya, di sini disediakan fasilitas berbagai percobaan terutama pada mata pelajaran IPA dan matematika dan yang lain-lain yang membutuhkan suatu percobaan. 

Anak-anak bisa melakukan percobaan secara online dengan panduan kita. Saya memilih topik persamaan garis lurus mata pelajaran matematika SMP. Dijelaskan secara garis besar mengenai persamaan garis lurus tersebut, rumus umum fungsi linear adalah y = ax + b dan seterusnya. 
Untuk melakukan percobaannya kita langsung bisa memilih menu “lakukan percobaan sekarang”. 

Tampilan untuk persamaan garis lurus SMP di sini ada 2 bagian, bagian yang sebelah kiri adalah bidang koordinat kartesius kemudian yang di sebelah kanan berisi persamaan garis lurus yang akan ingin diketahui gambarnya pada bidang koordinat kartesius. Misalkan saya akan menggambar sebuah persamaan y = 4x – 5, tekan enter nanti gambarnya akan otomatis muncul. Gambar ini adalah grafik y = 4x – 5. Kita juga bisa menggambar garis yang lain misalkan 2x+4y=7, ternyata di sini ada ada warning, harus menggunakan huruf x atau y. Maka harus dalam bentuk y = 5x+ 8 atau lainnya. 

Sebaliknya, kita bisa mengubah posisi garis ini tetapi nanti persamaan garisnya berubah sesuai dengan posisi garisnya. persamaan garisnya menjadi y = 1,63 X + 11,41 ataupun kita geser ke mana pun. 

Sebenarnya ada dua titik, yang atas juga ada namun disini tidak terlihat karena tadi saya mengimpornya tidak terjangkau oleh gambar ini. 

Kemudian dibawahnya persamaan garis ini terdapat penjelasan bagaimana memperoleh gradien yang diberikan rumus gradien, kemudian dibawahnya ada perhitungan dalam mencari gradien garis yang diberikan. Tersedia juga menu latihan soal, kita bisa mengerjakan soal dengan memberikan jawaban langsung dan nanti kita bisa mengecek kebenaran dari jawaban yang diberikan oleh anak-anak kita. 

Ini saya jawab secara acak pertanyaan ini, kita cek ternyata jawaban yang saya berikan salah. Untuk melihat jawaban yang benar kita bisa melihat pada “cek jawaban yang benar” ternyata jawaban yang benar adalah -5,55. Berikutnya kita bisa melakukan percobaan yang serupa untuk melakukan percobaan dengan grafik seperti di awal tadi ataupun kita berlanjut ke soal yang baru. 

Itu di antaranya dalam memanfaatkan konten pada topik persamaan garis lurus. Namun disini ada beberapa yang menurut saya harus diperbaiki lagi yaitu pemberian koefisien pada saat pengguna menggeser garis nya yaitu berupa tanda koma, alangkah baiknya kalau tanda bilangan dalam desimal ini disajikan dalam bentuk pecahan biasa karena para guru di sekolah biasa menggunakan pecahan biasa supaya anak tidak bingung. 

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai dua konten rumah belajar dengan menggunakan fasilitas speech to text. Hasil dari speech to text ini masih akan diedit sesuai dengan kebutuhan karena masih ada beberapa kesalahan yang tidak sesuai dengan maksud kita jadi ada yang perlu diedit. 

Kita bisa mendengarkan voice dari text yang telah saya rekam dalam speechtexter.com tadi kedalam fasilitas text to speech. Disini kita menggunakan responsivevoice.org. Kita copy text hasil rekaman yang telah kita edit ke dalam responsivevoice.org. Kita diminta untuk memilih bahasa, maka dipilih bahasa indonesia.

Untuk mempersingkat durasi rekaman, suara dari text to speech hanya didengarkan sebagian saja. 

Demikian review 2 konten rumah belajar ini, diucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi. Video tutorial review 2 konten rumah belajar dengan menggunakan fasilitas speech to text dan text to speech bisa dilihat pada link https://youtu.be/cBRKgZTakoM

1 Response to "Review Konten Rumah Belajar: Bank Soal dan Laboratorium Maya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel