Contoh Soal Jarak dan Kecepatan beserta Pembahasannya

Contoh Soal Jarak dan Kecepatan beserta Pembahasannya

Perlu dikuasai lebih dalam mengenai konversi antar satuan jarak pada saat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan jarak misalnya pada soal-soal tentang kecepatan agar tidak terjadi kesulitan. Dalam postingan kali ini akan disajikan soal-soal jarak dan soal-soal kecepatan disertai pembahasannya dan disajikan pula soal-soal untuk dipecahkan sebagai latihan. Untuk mengerjakan soal-soal tentang jarak sendiri kita masih ingat kan tentang tangga satuan berikut ini?




Nah, sekarang mulailah menyimak soal-soal berikut ini.

Soal 1
Ani berangkat ke sekolah dengan bersepeda. Jarak rumah Ani ke sekolah adalah 2 km. Berapa meter jarak rumah Ani ke sekolah?
Jawab:
Dari satuan km diubah menjadi meter, dalam tangga satuan di atas turun 3 tangga.
maka
2 km = 2 x 10 x 10 x 10  (meter)
         = 2000 meter
Jadi, jarak rumah Ani ke sekolah adalah 2000 meter.

Soal 2
Jarak antara almari ke tempat tidurmu adalah 10 ubin. Jika panjang masing-masing ubin 30 cm, berapa dm jarak almari ke tempat tidurmu?
Jawab:
Jarak almari dengan tempat tidurmu = 10 x 30
                                                           = 300 cm
jika diubah ke dalam dm, dalam tangga satuan naik 1 tangga.
maka
300 cm = 300 : 10  (dm)
             = 30 dm
Jadi, jarak almari ke tempat tidurmu adalah 30 dm.

Soal 3
Untuk pergi ke sebuah toko baju Farah harus melewati sebuah pasar. Jarak rumah Farah ke pasar adalah 150 m. Jarak antara pasar ke toko baju tersebut adalah 900 dm. Berapa meter jarak rumah Farah ke toko baju?
Jawab:
Jarak rumah farah ke pasar = 150 m
Jarak pasar ke toko baju = 900 dm = 90 m

Jarak rumah Farah ke toko baju = 150 + 90
                                                   = 240 m
Jadi, jarak rumah Farah ke toko baju adalah 240 meter.

Soal 4
Andi naik sepeda dengan kecepatan 15 km/jam. Andi bersepeda selama 2 jam. Berapa jarak yang ditempuh oleh Andi?
Jawab :
kecepatan = 15 km/jam
waktu = 2 jam
Jarak = kecepatan x waktu
          = 15 x 2
          = 30
Jadi, jarak yang ditempuh oleh Andi adalah 30 km.

Soal 5
Paman mengendarai mobil ke sebuah kota yang berjarak 350 km. Lama perjalanan yang dilakukan paman adalah 5 jam. Berapa km/jam kecepatan mobil yang dikendarai paman?
Jawab;
jarak = 350 km
waktu = 5 jam
kecepatan = jarak : waktu
                 = 350 : 5
                 = 70
Jadi, kecepatan mobil yang dikendarai paman adalah 70 km/jam.

Soal 6
Pak Bejo mengendarai mobil dari Kota Malang ke Kota Banyuwangi. Jarak kedua kota adalah 390 km. Pak Bejo berangkat dari pukul 07.00 dan tiba di Banyuwangi pukul 13.30. Tentukan kecepatan mobil yang dikendarai Pak Bejo !
Jawab:
jarak = 390 km
waktu = 07.00 - 13.30 = 6 jam 30 menit = 6,5 jam
kecepatan = jarak : waktu
                 = 390 : 6,5
                 = 60
Jadi, kecepatan mobil yang dikendarai Pak Bejo adalah 60 km/jam.


Soal-soal jarak dan soal-soal kecepatan untuk dipecahkan
1.      Jarak antara Kecamatan A dengan Kecamatan B adalah 76.000 dm. Jarak antara Kecamatan A dengan Kecamatan B sama dengan ...... km.
2.      Sebuah sepeda motor menempuh jarak 50 km dalam waktu 40 menit. Jarak yang ditempuh sepeda motor tersebut dalam waktu 2 jam adalah ....  km.
3.      Sonia mengendarai mobil bersama ayahnya menuju tempat perbelanjaan yang berjarak 3 km. Waktu yang diperlukan Sonia untuk sampai di tempat perbelanjaan adalah 5 menit. Kecepatan rata-rata mobil yang dikendarai Sonia adalah ....  m/menit.
4.      Dalam waktu 1,5 jam pengendara sepeda mampu menempuh jarak 45 km. Kecepatan sepeda adalah .... km/jam.
5.      Bu Dewi adalah seorang pegawai sebuah perusahaan. Jarak rumah Bu Dewi ke kantornya adalah 30 km. Bu Dewi pergi ke kantor mengendarai mobil dengan kecepatan 60 km/jam. Jika Bu Dewi sampai di kantor pukul 07.00, maka Bu Dewi berangkat dari rumah pukul ....
6.      Jarak antara Kecamatan A dengan Kecamatan B adalah 76.000 dm. Jarak antara Kecamatan A dengan Kecamatan B sama dengan ...... km.
7.      Aldo dan Aldi belajar bersama-sama. Mereka belajar selama 135 menit. Waktu yang digunakan Aldo dan Aldi belajar sama dengan .....  jam .... menit.
8.      Sebuah sepeda motor menempuh jarak 50 km dalam waktu 40 menit. Jarak yang ditempuh sepeda motor tersebut dalam waktu 2 jam adalah ....  km.
9.      Sonia mengendarai mobil bersama ayahnya menuju tempat perbelanjaan yang berjarak 3 km. Waktu yang diperlukan Sonia untuk sampai di tempat perbelanjaan adalah 5 menit. Kecepatan rata-rata mobil yang dikendarai Sonia adalah ....  m/menit.
10.  Dalam waktu 1,5 jam pengendara sepeda mampu menempuh jarak 45 km. Kecepatan sepeda adalah .... km/jam.


11.  Bu Dewi adalah seorang pegawai sebuah perusahaan. Jarak rumah Bu Dewi ke kantornya adalah 30 km. Bu Dewi pergi ke kantor mengendarai mobil dengan kecepatan 60 km/jam. Jika Bu Dewi sampai di kantor pukul 07.00, maka Bu Dewi berangkat dari rumah pukul ....



Demikian pembahasan mengenai Contoh Soal Jarak dan Kecepatan beserta Pembahasannya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin......


0 Response to "Contoh Soal Jarak dan Kecepatan beserta Pembahasannya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel