Ketahui Perbedaan Zat Tunggal dan Zat Campuran serta Contohnya, hanya DISINI !

Perbedaan Zat Tunggal dan Zat Campuran serta Contohnya


Banyak kita temui berbagai macam benda di sekitar kita seperti air, makanan, besi, plastik, batu-batuan, dan sebagainya. Tahukah kamu bagaimana pengelompokan benda-benda tersebut berdasarkan zat penyusunnya?   

Semua benda yang ada di sekitar kita dinamakan materi. Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Berdasarkan komposisi penyusunnya, materi dibedakan menjadi dua yaitu zat tunggal dan campuran.

Yang pertama, Zat Tunggal. Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Contoh benda termasuk dalam zat tunggal adalah air, garam, gula, dan emas 24 karat.



Zat tunggal ini dapat berupa Unsur dan Senyawa.


MARI KITA BAHAS....

Unsur adalah zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana.
Contoh : perak, besi, emas, hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur.
Contohnya adalah air. Air terbentuk dari Oksigen dan Hidrogen. Contoh senyawa yang lain adalah garam dapur dan gula pasir.

Yang kedua, Zat campuran.   Zat campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran dibedakan menjadi dua yaitu campuran homogen dan campuran heterogen.

MARI KITA BAHAS....

a. Campuran Homogen adalah campuran yang zat penyusunnya tercampur merata atau sempurna. Pada campuran homogen ini zat penyusunnya tidak dapat dibedakan atau dipisah. Contohnya sirup larutan oralit, dan udara.

b.  Campuran heterogen  adalah campuran yang zat penyusunnya tercampur  tidak merata atau tidak sempurna. Pada campuran heterogen ini zat penyusunnya masih dapat dibedakan. contohnya campuran antara air dengan kopi tumbuk, air dengan pasir, dan air dengan minyak.

MARI KITA AMATI...

Kira-kira kenapa ya minuman sirup kok bisa termasuk campuran homogen?

Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Ketika kita membuat minuman sirup, kita butuh air, gula dan sirup. Dengan demikian perpaduan antara air, gula, dan sirup tampak tercampur merata atau sempurna. Materi air, gula, dan sirup tidak memisah. Maka minuman sirup termasuk campuran homogen.

Kira-kira kenapa ya segelas kopi kok bisa termasuk campuran heterogen?

Perhatikan ilustrasi berikut ini!
Ketika kita membuat kopi, kita perlu air, gula, dan bubuk kopi.  Kemudian perhatikan dasar gelas pada adonan kopi tersebut. pada  dasar gelas tampak adanya endapan kopi yang tidak larut sempurna dengan air dan gula. Maka, kopi termasuk zat campuran heterogen karena materi-materi penyusunnya tidak tercampur secara sempurna.

0 Response to "Ketahui Perbedaan Zat Tunggal dan Zat Campuran serta Contohnya, hanya DISINI !"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel